Sobat Pesona tidak perlu jauh-jauh ke India bila ingin melihat Taj Mahal lho!  I...

Masjid Agung An Nur: Destinasi Wisata yang Mengagumkan di Pekanbaru, Riau

Sobat Pesona tidak perlu jauh-jauh ke India bila ingin melihat Taj Mahal lho! Indonesia juga punya Masjid Agung An Nur yang mirip dan tak kalah menarik. Bedanya, Masjid Agung An Nur warnanya dominan hijau.

Masjid Agung An Nur terletak di Pekanbaru, Riau. Masjid ini menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia. Proses pembangunannya memakan waktu kurang lebih 5 tahun dan bangunannya bergaya arsitektur India, Arab, Turki, dan Melayu.

Perpaduan gaya tersebut menciptakan seni bangunan yang mengagumkan. Masjid ini juga pernah direnovasi secara besar-besaran. Dengan luas lahan yang mencukupi, masjid ini terlihat begitu megah dan indah.

Para jamaah yang datang pun akan dimanjakan dengan taman-taman hijau yang segar. Fasilitasnya juga cukup lengkap, mulai dari ruang pertemuan, perpustakaan, tempat pendidikan (mulai dari SMA, SMP, SD, TK, dan playgroup), radio penyiaran, dan tempat parkir yang luas.

Menariknya, masjid ini bersebelahan dengan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pekanbaru, yang hanya dipisahkan oleh Jalan Hang Tuah. Terlihat seolah menggambarkan Riau yang penuh dengan keberagaman namun tetap rukun dan damai.

Masjid Agung An Nur menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Riau. Keindahannya yang mencerminkan gabungan gaya arsitektur dari berbagai budaya membuatnya menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bagi yang ingin mengunjungi masjid ini, berikut adalah informasi terkait.

Lokasi: Masjid Agung An Nur terletak di Jalan Kartini No. 3, Bandar Petalangan, Pekanbaru, Riau.

Jam Buka: Masjid Agung An Nur buka setiap hari dari pagi hingga malam.

Tiket Masuk: Tidak ada tiket masuk untuk masjid ini. Anda dapat mengunjungi masjid ini secara gratis.

Fasilitas: Masjid Agung An Nur memiliki fasilitas lengkap seperti ruang pertemuan, perpustakaan, tempat pendidikan, radio penyiaran, dan tempat parkir yang luas. Terdapat juga taman-taman hijau yang menyegarkan.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Pantai Ropet di Gili Iyang, Kabupaten Sumenep

Tips Mengunjungi Masjid Agung An Nur:

– Berpakaian sopan dan rapi saat mengunjungi masjid ini.
– Jaga kebersihan saat berada di dalam masjid. Hindari membuang sampah sembarangan.
– Jangan lupa membawa sepatu yang nyaman, karena Anda mungkin perlu melepas sepatu saat masuk ke dalam masjid.
– Saling menghormati dan menghargai selama berada di area masjid.
– Jaga kebersihan lingkungan sekitar masjid. Bantu menjaga keindahan dan kebersihan tempat ini.

FAQ (Frequently Asked Questions):

1. Apa yang membuat Masjid Agung An Nur begitu menarik?
Masjid Agung An Nur menarik karena desain arsitektur yang memadukan gaya India, Arab, Turki, dan Melayu. Keindahan dan megahnya bangunan ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

2. Bagaimana cara menuju Masjid Agung An Nur?
Masjid Agung An Nur terletak di Jalan Kartini No. 3, Bandar Petalangan, Pekanbaru, Riau. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau transportasi umum untuk mencapai masjid ini.

3. Berapa biaya tiket masuk untuk masjid ini?
Tidak ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi Masjid Agung An Nur. Anda dapat mengunjungi masjid ini secara gratis.

4. Apa saja fasilitas yang tersedia di Masjid Agung An Nur?
Masjid Agung An Nur memiliki fasilitas seperti ruang pertemuan, perpustakaan, tempat pendidikan, radio penyiaran, dan tempat parkir yang luas. Terdapat juga taman-taman hijau yang menyegarkan.

5. Apa saja tips yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Masjid Agung An Nur?
Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Masjid Agung An Nur adalah berpakaian sopan dan rapi, menjaga kebersihan, membawa sepatu yang nyaman, saling menghormati, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Conclusion:

Masjid Agung An Nur di Pekanbaru, Riau merupakan salah satu masjid indah yang memiliki desain arsitektur yang memadukan gaya India, Arab, Turki, dan Melayu. Keindahan bangunan ini, serta fasilitas yang lengkap, menjadikan masjid ini sebagai destinasi wisata menarik bagi wisatawan. Selain itu, keberadaannya yang bersebelahan dengan Gereja Huria Kristen Batak Protestan juga menggambarkan kerukunan dan keberagaman di Riau. Jika Anda berkunjung ke Pekanbaru, jangan lewatkan untuk mengunjungi Masjid Agung An Nur ini.

BACA JUGA :  Indonesia Memperkenalkan Wisata Bahari dan Sail Sabang ke Komunitas Yachter di Selandia Baru