Tempat Wisata Telaga Biru Semin Gunungkidul Jogja

By | February 11, 2020

Pernah ke tempat wisata Telaga Biru Semin Gunungkidul Jogja? Gunung Kidul kini dikenal sebagai daerah wisata purba yang memiliki banyak pesona. Sebut saja gua vertikal Jomblang yang sudah dikenal sangat indah.

Cahaya yang masuk pada siang hari seolah seperti cahaya dari langit. Gunung Kidul juga memiliki banyak destinasi pantai perawan yang jarang dikunjungi wisatawan musiman.

Salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul yang kini juga tengah menanjak popularitasnya adalah Telaga Biru Semin Gunung Kidul. Warga sekitar kerap menyebutnya dengan Banyu Biru Candirejo.

Tempat Wisata Telaga Biru Semin Gunungkidul Jogja Wajib Kamu Kunjungi!

Benar, lokasi Telaga Biru Semin ini berada di Dusun Ngemplak Desa Candirejo Kecamatan Semin Gunung Kidul. Dengan jarak sekitar 54 kilometer dari Yogyakarta, destinasi wisata hits ini dapat ditempuh selama kurang lebih sekitar dua jam saja.

Lokasi Bekas Tambang Bebatuan

Tempat Wisata Telaga Biru Semin Gunungkidul Jogja

Telaga biru Semin Candirejo ini diperkirakan merupakan lokasi bekas tambang batu. Bukit yang tadinya tinggi kini sedikit demi sedikit menjadi terkikis karena penambangan batu. Penambangan batu yang dilakukan warga ternyata tujuannya untuk membuat kerajinan.

Benar, sisa-sisa tambang batu ini akhirnya meninggalkan sebuah telaga dengan air yang kadang berwarna biru dan kadang berwarna kehijauan. Dalam lubang yang berbeda, telaga biru Semin ini terlihat seperi mini Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna. Hingga saat ini Telaga Biru Semin ini pesonanya kerap di bandingkan dengan keindahan telaga warna Kelimutu di Nusa Tenggara Timur.

Perubahan warna di danau Kelimutu Flores menurut para ilmuwan disebabkan karena beberapa faktor. Ada yang menyebutkan karena pantulan sinar matahari dan ada juga yang berpendapat karena aktivitas gunung berapi serta kandungan gas yang juga dipengaruhi perubahan suhu. Danau Kelimutu sering berubah warna merah, biru dan putih.

Sedangkan Telaga Biru Semin memiliki warna yang berbeda diprediksi dikarenakan kandungan tanah yang berbeda dari tiga telaga yang ada di Candirejo. Ketiga telaga tersebut memang merupakan bekas tambang batu putih yang tidak sengaja terbentuk menjadi telaga. Kini, telaga ini dijadikan tempat wisata foto dan juga tempat wisata bagi yang mahir berenang.

Tempat Wisata Telaga Biru Semin Gunungkidul Jogja

Tidak ada ongkos masuk untuk menikmati wisata Telaga Biru Semin. Para traveler yang datang kesini hanya dikenakan ongkos parkir kendaraan saja sekitar Rp. 3.000. Namun, kalian harus berhati-hati karena beberapa bagian dari Telaga Biru Semin ini masih dioperasikan sebagai tambang batu. Jadi, waktu yang paling tepat untuk datang ke lokasi ini adalah pagi hari sebelum para pekerja beroperasi dan pada sore hari setelah para pekerja selesai menambang batu.

Pengelola tambang Telaga Biru Semin nampaknya mulai melihat potensi wisata yang ada dengan semakin populernya Banyu Biru Semin ini. Tak ayal hal tersebut dimanfaatkan dengan menyewakan ban serta rakit untuk berkeliling telaga Semin. Dari atas rakit kalian bisa melihat lukisan alam berupa lapisan tebing bebatuan bekas tambang. Polanya memberikan warna alami yang sangat menarik untuk obyek foto.

Tempat Wisata Telaga Biru Semin Gunungkidul Jogja

Jika, sudah puas mengambil foto dan video footage, kalian bisa berenang di telaga biru Semin ini. Namun, hanya bagi yang mahir beranang saja yang diizinkan untuk berenang disini. Pasalnya kedalaman telaga biru Semin ini antara lima sampai delapan meter. Jadi, sangat dalam untuk ukuran sebuah kolam renang alami.

Tempat Wisata Telaga Biru Semin Gunungkidul Jogja

Lokasi tambang batu ini jelas tidak cocok sebagai destinasi keluarga. Pasalnya beberapa spot memiliki elevasi yang berbeda-beda. Jadi, rasanya destinasi foto ini memang hanya cocok untuk orang dewasa. Perlu diketahui bahwa lokasi ini bukan merupakan tempat wisata resmi. Jadi, akan sangat mungkin jika terjadi kecelakaan. So, tetap waspada dan kenali lokasi dengan baik. Ada baiknya bertanya kepada pengelola sebelum memulai eksplorasi.

Panduan Cara Pergi Ke Telaga Biru Semin Candirejo Gunung Kidul