Rekomendasi Tempat Wisata Blitar Terbaik! No 5 Harus Mampir!

By | February 16, 2020

Rekomendasi tempat wisata Blitar terbaik! No 5 harus mampir! Teman-teman pasti tau Blitar kan? Blitar adalah sebuah kota di Jawa Timur yang berjarak kurang lebih 75 km dari kota Malang.

Jika berangkat dari Jakarta kota ini bisa dicapai dengan menggunakan kereta api atau menggunakan pesawat melalui Bandara Abdul Rahman Saleh Malang.

Dari Malang perjalanan bisa diteruskan melalui perjalanan darat selama kurang lebih dua jam menggunakan travel atau bis.

Sebagai kota tempat Presiden Pertama Soekarno dimakamkan, kota ini cukup ramai dan mempunyai beberapa tempat wisata.

Rekomendasi Tempat Wisata Blitar Terbaik!

Di bawah ini beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi jika anda berkunjung ke Blitar :

1. Makam Presiden Soekarno

Rekomendasi Tempat Wisata Blitar Terbaik! No 1 Harus Mampir!

Makam Presiden Soekarno terletak di  Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar. Komplek makam ini berdiri seluas 1,8 sejak Ir Soekarno wafat dan dimakamkan di sana. Pada tanggal 21 Juni 1970, kompleks makam ini untuk pertama kalinya dipugar.

Setelah itu komplek makam Presiden Soekarno telah berkali-kali mengalami renovasi dan penambahan fasilitas seperti taman dan perpustakaan.  Makam Presiden Soekarno menjadi ikon kota Blitar  yang mampu menyedot pengunjung berziarah di sana.

2. Museum Gebang Blitar

Rekomendasi Tempat Wisata Blitar Terbaik! No 1 Harus Mampir!

Museum  Gebang ini terletak tidak jauh dari makam Bung Karno . Lokasi ini bisa dicapai menggunakan  becak yang banyak terdapat di makam Soekarno atau menggunakan mobil pribadi.

Di depan museum  tampak sebuah patung manusia dewasa, patung setengah badan, serta relief yang manggambarkan sosok Soekarno, Proklamator dan Presiden pertama yang berdiri dengan gagahnya.

Di sebelah kiri museum terdapat parkiran sepeda motor. Kios yang berisi souvenir dan kaos-kaos gambar Bung Karno juga terletak di sebelah kiri museum. Tidak ketinggalan beberapa pedagang yang menyediakan makanan dan minuman buat pengunjung yang merasa lapar dan haus.

Harganya pun cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal. Di depan museum di sebelah kiri juga terdapat Gong Perdamaian. Gong ini  baru dipasang. Sebelumnya tidak ada gong di museum  Gebang ini. Gong perdamaian yang bergambar beberapa bendera dari berbagai negara di dunia.

Di bagian depan ada petugas yang menjaga buku tamu. Pengunjung menulis nama, jumlah  rombongan dan berasal dari kota mana. Tidak ada tarif khusus jika kita ingin melihat-lihat bagian dalam museum. Sebuah kotak ada di sebelah buku tamu. Pengunjung boleh memasukkan uang sukarela ke dalam kotak untuk pemeliharaan museum.

Ruang tamu museum ini cukup luas. Terdapat dua set meja kursi kuno di ruang tamu. Beberapa foto yang menggambarkan Soekarno saat masih muda tertempel di dinding. Tidak ketingglan poster besar bergambar Soekarno ada di ruang tamu. Biasanya pengunjung berfoto di depan poster besar Soekarno ini.

Memasuki ruang keluarga yang cukup luas terdapat satu  set meja kursi. Selain itu dua buah kursi malas dan lemari pajangan yang berisi foto-foto lama menjadi pemandangan di ruang keluarga.

Tidak ketinggalan foto-foto Soekarno bersama Ibu Fatmawati berada di dinding ruangan. Di sebelah kanan ruang keluarga ada dua buah kamar serta sebuah ruang kerja yang terdapat mesin ketik di atasnya.

3. Candi Penataran Blitar

Rekomendasi Tempat Wisata Blitar Terbaik! No 1 Harus Mampir!

Candi Penataran. Komplek percandian Penataran terletak dilereng sebelah barat daya  Gunung Kelud pada ketinggian 450 meter di atas permukaan air laut di desa Penataran kecamatan Nglegok Blitar. Untuk sampai di lokasi percandian dapat ditempuh dari pusat kota Blitar ke arah utara yaitu ke jurusan makam Proklamator Bung Karno.

Jarak dari kota sampai lokasi adalah 12 km. Bagi pengunjung yang datang dari Malang tidak perlu masuk kota sebab dapat ditempuh dengan perjalanan potong kompas lewat pertigaan Desa Garum belok kanan sejauh lebih kurang 5 km dari lokasi. Namun jalannya tidak cukup lebar.

Secara keseluruhan Candi Penataran menempati areal tanah eluas 12.946 meter persegi berjajar dari barat laut ketimur kemudian berlanjut ke tenggara. Susunan komplek percandian Penataran menarik karena letak bangunan yang satu dengan yang lainnya berhadap-hadapan terus ke belakang yang sepintas kelihatannya agak membingungkan.
Susunan bangunan mirip dengan susunan pura-pura di Bali. Dalam sususan seperti ini bagian halaman yang terletak paling belakang adalah yang paling suci karena disini terdapat bangunan pusat atau bangunan induknya.
Pintu masuk komplek percandian ini adalah undak-undakan menurun. Kemudian kita akan menemukan dua buah arca penjaga pintu. Angka tahun yang tertera dalam landasan arca adalah 1424 Saka dalam huruf Jawa Kuno atau 1320 Masehi. Selanjutnya kami memasuki tempat petugas menerima tamu.
Tidak ada biaya khusus yang dikenakan jika kita memasuki areal percandian. Kita hanya disuruh mengisi buku tamu dan memasukkan uang kas seikhlasnya untuk pemeliharaan candi. Kita juga boleh membeli buku tentang Candi Penataran yang bisa dibeli di sana.
Menuju ke bagian belakang candi ada sebuah kolam berasal dari mata air kuno. Airnya jernih sekali. Konon barang siapa yang mandi atau mencuci muka di mata air ini akan awet muda. Banyak pengunjung sengaja cuci muka di mata air yang kelihatan jernih ini.

 4. Kampung Coklat

Rekomendasi Tempat Wisata Blitar Terbaik! No 1 Harus Mampir!

Kampung Coklat terletak di Desa Plosorejo Kademangan kabupaten Blitar. Memasuki Kampung Coklat tampak beberapa tulisan sejarah perjalanan tanaman coklat di Indonesia yang di tempel di dinding.
Selain itu tampak  biji coklat kering yang terdapat dalam beberapa karung yang terletak di lorong pintu masuk. Selanjutnya kita akan bertemu loket pintu masuk. Setiap pengunjung yang masuk dikenakan biaya lima ribu rupiah.
Pengunjung yang datang bisa melihat  bibit tanaman coklat dari dekat. Tanaman coklat ini diletakkan di dalam beberapa pot kantong plastik. Anak-anak tampak antusias mengamati tanaman coklat yang masih pendek ini. Di sini selain bisa melihat dari dekat tanaman coklat, orang tua juga bisa menerangkan tentang tanaman coklat itu sendiri.
Dari mana dia berasal, negara mana penghasil coklat terbesar sampai kepada proses menjadi coklat enak kesukaan anak-anak. Anak-anak juga bisa ikutan cooking class menghias coklat yang nantinya bisa dibawa pulang.
Berbagai macam makanan dan minuman yang terbuat dari coklat tersedia di sini.  Ada minuman coklat seharga 5 ribu pergelas, ada es krim coklat, bahkan ada mie goreng dan nasi goreng rasa coklat. Semuanya bisa dinikmati sambil duduk-duduk  kursi di bawah rimbunnya pohon coklat. Woow…

5. Pantai Tambak Rejo

Rekomendasi Tempat Wisata Blitar Terbaik! No 1 Harus Mampir!

Pantai Tambak Rejo terletak di Blitar Selatan Kecamatan Wonotirto. Selain pemandangan alam yang indah, pantai ini juga mudah ditempuh dari Blitar. Selain menikmati deburan ombak dan birunya laut para pengunjung juga bisa menikmati aktifitas para nelayan di pagi hari ketika mencari ikan.

Bagaimana teman-teman tertarik untuk mengunjungi Kota Blitar? Segera pesan tiket kereta atau tiket pesawat yuk. Jangan khawatir ingin menginap di mana. Kota Blitar mempunyai beberapa hotel yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *