Kebayang nggak, serunya bermain bersama kera di Monkey Forest Ubud?
. 
Di daerah...

Serunya Bermain Bersama Kera di Monkey Forest Ubud, Bali

Kebayang nggak, serunya bermain bersama kera di Monkey Forest Ubud? Di daerah Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali ada salah satu tempat menarik yang bisa Sobat Pesona kunjungi. Objek wisata itu bernama Monkey Forest Ubud.

Tempat wisata ini juga memiliki nama lain, yaitu Mandala Wisata Wenara Wana yang merupakan cagar alam dengan sedikitnya 115 spesies pohon yang menjadi hunian kurang lebih 340 ekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) dengan empat kelompok monyet berdiam di wilayah berbeda.

Di dalam area Monkey Forest Ubud terdapat juga tiga Pura suci, yaitu Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Prajapati (Cremation tempel) dan Pura Beji (The Holy Spring temple). Selain itu terdapat juga sebuah kolam suci dan candi lainnya yang digunakan untuk upacara kremasi.

Kera-kera yang terdapat di kawasan ini memang terbilang jinak karena akan mendekat ketika ada pengunjung yang datang. Meski tidak menyerang manusia, namun tetap berhati-hati ya!

Monkey Forest Ubud adalah salah satu objek wisata yang sangat populer di Bali. Dengan keindahan alamnya dan interaksi yang unik dengan kera-kera, tempat ini menarik banyak pengunjung setiap tahunnya. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Monkey Forest Ubud, berikut informasi penting yang perlu Anda ketahui.

Lokasi

Monkey Forest Ubud berlokasi di Jalan Monkey Forest, Padangtegal, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau, terletak sekitar 1,2 km dari Puri Saren Agung Ubud dan sekitar 35 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Jam Buka

Monkey Forest Ubud buka setiap hari mulai pukul 08.30 pagi hingga 18.00 sore. Pengunjung diperbolehkan masuk sampai pukul 17.30 sore. Namun, disarankan untuk datang lebih awal agar memiliki waktu yang cukup untuk menjelajahi seluruh area Monkey Forest dan berinteraksi dengan kera-kera.

BACA JUGA :  Exlpore Trowulan, Destinasi Wisata Sejarah Kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Harga Tiket

Harga tiket masuk Monkey Forest Ubud adalah sebagai berikut:

– Dewasa (turis asing): Rp 80.000 per orang
– Anak-anak (turis asing): Rp 60.000 per orang
– Dewasa (WNA): Rp 50.000 per orang
– Anak-anak (WNA): Rp 40.000 per orang
– Dewasa (WNI): Rp 30.000 per orang
– Anak-anak (WNI): Rp 20.000 per orang

Aktivitas dan Pengalaman

Berikut ini adalah beberapa aktivitas dan pengalaman menarik yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Monkey Forest Ubud:

1. Berinteraksi dengan Kera
Salah satu hal utama yang membuat Monkey Forest Ubud begitu menarik adalah interaksi dengan kera-kera yang ada di dalamnya. Anda dapat memberi makan kera-kera ini dengan pisang atau kacang dan melihat mereka bermain dengan riang.

Meskipun kera-kera ini terbilang jinak, tetaplah waspada dan jangan memakai perhiasan yang mencolok atau membawa makanan yang menarik perhatian mereka. Jika Anda ingin berfoto dengan kera, sebaiknya gunakan jasa fotografer yang ada di dalam Monkey Forest untuk memastikan keselamatan Anda dan kera-kera tersebut.

2. Jelajahi Area Hutan dan Kolam Suci
Selain berinteraksi dengan kera, Anda juga dapat menjelajahi area hutan yang indah di Monkey Forest Ubud. Ada banyak jalan setapak yang mengarah ke pohon-pohon raksasa serta terdapat juga kolam suci yang dapat Anda kunjungi.

Kolam suci ini dipercaya memiliki air yang suci dan digunakan untuk upacara kremasi oleh masyarakat setempat. Anda dapat menikmati keindahan alam dan ketenangan di sekitar kolam suci ini.

3. Kunjungi Pura Suci
Di dalam Monkey Forest Ubud, terdapat tiga Pura suci yang dapat Anda kunjungi. Pura Dalem Agung Padangtegal adalah pura utama dan dipercaya sebagai tempat tinggalnya dewa Hyang Widhi. Pura Prajapati merupakan tempat persemayaman atau tempat kremasi, sedangkan Pura Beji adalah Pura yang digunakan untuk ritual pembersihan diri.

BACA JUGA :  Pantai Batu Karas: Wisata Alam Indah di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Anda dapat berkeliling di dalam tempat-tempat suci ini dan menyaksikan aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh penduduk setempat.

FAQ

Q: Apakah diperbolehkan memberi makan kera di Monkey Forest Ubud?
A: Ya, pengunjung diperbolehkan memberi makan kera dengan makanan seperti pisang dan kacang. Namun, pastikan untuk tidak memberi makanan yang tidak sehat atau berbahaya bagi kesehatan kera.

Q: Apakah aman berinteraksi dengan kera di Monkey Forest Ubud?
A: Kera-kera di Monkey Forest Ubud cenderung jinak dan tidak menyerang manusia. Namun, tetaplah berhati-hati dan jaga jarak saat berinteraksi dengan mereka.

Q: Apakah ada panduan wisata yang disediakan di Monkey Forest Ubud?
A: Ya, terdapat panduan wisata yang bisa Anda gunakan saat berkeliling Monkey Forest Ubud. Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Anda juga dapat menggunakan jasa pemandu wisata yang disediakan di dalam Monkey Forest.

Q: Apakah Monkey Forest Ubud cocok untuk anak-anak?
A: Ya, Monkey Forest Ubud adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak. Mereka bisa berinteraksi dengan kera-kera yang jinak dan menjelajahi keindahan alam di sekitar area Monkey Forest.

Q: Berapa harga tiket masuk Monkey Forest Ubud?
A: Harga tiket masuk Monkey Forest Ubud bervariasi tergantung pada status kewarganegaraan dan usia. Untuk turis asing, harga tiket dewasa adalah Rp 80.000 dan untuk anak-anak adalah Rp 60.000. Untuk WNA, harga tiket dewasa adalah Rp 50.000 dan untuk anak-anak adalah Rp 40.000. Sedangkan untuk WNI, harga tiket dewasa adalah Rp 30.000 dan untuk anak-anak adalah Rp 20.000.

Conclusion

Monkey Forest Ubud adalah destinasi wisata menarik di Bali yang menawarkan pengalaman unik berinteraksi dengan kera-kera yang jinak. Dengan melihat interaksi mereka dan menjelajahi keindahan alam di sekitar Monkey Forest, Anda akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mengikuti aturan dan menjaga kebersihan saat berada di area Monkey Forest Ubud.

BACA JUGA :  Pantai Baloho: Surga Pantai dengan Pohon Kelapa di Nias Selatan