11 Tips Mudik dengan Kapal Laut agar Tidak Mabuk dan Nyaman Selama Perjalanan

Tips Mudik dengan Kapal Laut Agar Tidak Mabuk

Mudik gratis dengan kapal laut menjadi salah satu pilihan untuk menghindari kecelakaan di jalan terutama bagi pengendara sepeda motor.

Jalur kapal laut yang tersedia seperti Jakarta-Semarang dan Jakarta-Surabaya memang menjadi salah satu jalur favorit meskipun ditempuh dengan perjalanan yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan moda transportasi lainnya.

Tips Mudik dengan Kapal Laut Agar Tidak Mabuk

Kira-kira apa saja persiapan yang harus dilakukan saat mudik gratis dengan kapal laut? Berikut ringkasannya.

1. Atur jadwal keberangkatan dan kepulangan

11 tips mudik dengan kapal laut agar tidak mabuk dan nyaman selama perjalanan1582153980 - Tips Mudik dengan Kapal Laut Agar Tidak Mabuk
shutterstock

Lama perjalanan mudik dengan kapal laut sebetulnya tidak berbeda dengan moda transportasi darat, kecuali jika kamu menggunakan pesawat terbang. Durasi perjalanan dari Jakarta ke Surabaya diperkirakan akan memakan waktu sekitar 24 jam perjalanan.

2. Siapkan obat anti mabuk laut

Tak ada yang bisa memprediksi jika kamu bisa mengalami mabuk laut. Lebih baik siapkan saja obat anti mabuk laut agar perut kamu tidak merasa dikocok-kocok selama dalam perjalanan.

3. Hindari makanan yang memicu mabuk laut

Ada baiknya menghindari makanan pedas dan junk food sebelum berangkat. Usahakan mengisi perut sebelum berangkat jangan sampai perut kosong tapi juga jangan sampai kekenyangan. Usahakan sahur dengan gizi seimbang saat mudik di bulan puasa.

BACA JUGA :  Ini Cara Mengurus Bagasi Di Pesawat Yang Hilang Atau Rusak
11 tips mudik dengan kapal laut agar tidak mabuk dan nyaman selama perjalanan1582153981 - Tips Mudik dengan Kapal Laut Agar Tidak Mabuk
shutterstock

Hindari minuman seperti kopi, teh dan soda yang bersifat deuretik sehingga membuat kami ingin cepat buang air kecil yang memicu dehidrasi.

4. Cari tempat duduk terbaik di kapal laut

Buat kamu yang pertama kali mudik dengan kapal laut hindari memilih tempat duduk di depan ataupun dibagian belakang kapal. Kursi terbaik atau tempat duduk terbaik di kapal laut adalah di bagian tengah. Kamu bisa mencari kabin atau tempat duduk dekat jendela agar bisa menghirup udara segar lebih mudah.

5. Bawa tabir surya dan aksesoris liburan musim panas

11 tips mudik dengan kapal laut agar tidak mabuk dan nyaman selama perjalanan1582153983 - Tips Mudik dengan Kapal Laut Agar Tidak Mabuk
shutterstock

Selama perjalanan tentu kamu tidak hanya tidur atau duduk-duduk saja. Kamu bisa mengeksplorasi semua faslitas yang disediakan kapal laut. Ada baiknya kamu membawa tabir surya, kacamata dan topi karena panas matahari di lautan lebih terik dari di daratan.

6. Hindari menggunakan perhiasan berlebihan

Demi keamanan dan keselamatan baiknya tidak menggunakan perhiasan berlebihan. Hindari juga membawa barang-barang berharga yang tidak terlalu dibutuhkan saat berada di kampung halaman.

Pastikan barang berharga selalu dibawa kemanapun kamu pergi. Kunci kamar atau kabin dengan rapat dan baik untuk mengindari hal yang tidak diinginkan.

7. Hindari membawa uang terlalu banyak

Beberapa kapal laut bisanya sudah tersedia berbagai fasilitas mulai dari toko, penyewaan hiburan seperti penyewaan play station hingga ruang karaoke. Harga di kapal laut memang lebih mahal sedikit namun bukan menjadi alasan untuk membawa uang lebih banyak. Cukupkan saja untuk kebutuhan selama 24 jam. Biasanya keperluan hanya untuk belanja camilan dan kopi.

8. Pelajari safety tips dan petunjuk dari awak kapal laut

Sebelum berangkat bisanya ada petunjuk keselamatan yang diputar di layar televisi atau diberikan petunjuk langsung oleh awak Kapal Laut. Pastikan kamu mengetahui tempat pelampung dan jalur evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Mata Air Cipelang Sumedang

Ingat! Saat dalam kondisi darurat jangan pernah pikirkan harta benda yang dibawa, dalam kondisi seperti itu keselamatan dan nyawa keluarga menjadi prioritas dibandingkan yang lainnya.

9. Jaga tubuh agar tidak mudah dehidrasi

Selama perjalanan usahakan tidak terlalu banyak mengeluarkan energi namun bukan berarti harus dihabiskan dengan istirahat dan tidur-tiduran saja. Banyak minum air putih saat sahur dan hindari minuman yang sifatnya deuretik sehingga membuat kamu ingin cepat buang air kecil.

10. Bawa buku, pemutar lagu atau gadget untuk mengisi waktu

Siapkan juga playlist untuk mudik saat menggunakan kapal laut. Dijamin anti boring selama perjalanan dengan kapal laut. Kamu juga bisa mengabadikan sunset dan sunrise yang tak bisa kamu dapatkan saat di daratan. Pasti kesannya berbeda daripada saat di darat.

11. Pelajari fasilitas yang disediakan kapal laut

Ada banyak faslitas yang bisa kamu nikmati. Rata-rata kapal laut penumpang memiliki 7 dek dengan kapasitas angkut hingga mulai dari 500 penumpang hingga 3000 penumpang.