Dekat dengan Pulau Hiri, Pantai Sulamadaha punya pasir hitam yang eksotis. Panta...

Keindahan Pantai Sulamadaha di Ternate: Pasir Hitam yang Eksotis dan Kuliner Khas yang Menggugah Selera

Dekat dengan Pulau Hiri, Pantai Sulamadaha punya pasir hitam yang eksotis. Pantai Sulamadaha juga menawarkan pemandangan pegunungan dan pulau-pulau di sekitarnya yang memukau. Pantai ini dapat dicapai dengan melintasi pulau menggunakan kapal-kapal bermesin milik warga.

Pantai Sulamadaha memiliki keunikan tersendiri, tidak terlalu luas dan berbentuk seperti huruf ‘U’. Pantai ini dikelilingi oleh tebing tinggi yang memberikan kesan privat dan dilengkapi dengan pepohonan rindang. Kejernihan air laut yang seperti kaca dan lingkungan yang tenang seperti hutan belantara menawarkan pengalaman bermain air yang menarik dan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Meskipun Pantai Sulamadaha terletak jauh dari keramaian, tetapi pantai ini relatif mudah dijangkau dari kota Ternate. Pengunjung masih perlu berjalan kaki sekitar 10-15 menit untuk mencapai pantai ini. Namun, pemandangan hamparan pasir putih dan keindahan air laut yang bergradasi hijau kebiruan di Pantai Sulamadaha sudah cukup untuk menyambut pengunjung dengan baik.

Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas dari Ternate. Kota ini terkenal dengan rempah-rempah yang melimpah, seperti cengkih dan pala. Beberapa makanan khas yang harus dicoba saat berkunjung ke Ternate antara lain:

1. Sambal Rica-Rica: Sambal pedas khas Ternate yang terbuat dari cabai merah, bawang, dan rempah-rempah lainnya. Sambal ini cocok dinikmati bersama dengan ikan atau ayam goreng.

2. Ikan Colo-colo: Ikan yang dicampur dengan bumbu Colo-colo, yaitu bumbu khas Ternate yang terbuat dari cabai, cengkih, dan pala. Ikan Colo-colo memiliki rasa pedas dan gurih yang lezat.

3. Bobengka: Puding khas Ternate yang terbuat dari sagu, kelapa parut, dan gula merah. Bobengka memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang lezat.

BACA JUGA :  Keindahan dan Keunikan Sawah ala Ruteng, Nusa Tenggara Timur

4. Soto Ternate: Soto dengan kuah bening yang terbuat dari rempah-rempah khas Ternate. Soto ini biasanya disajikan dengan daging ayam atau ikan, serta dilengkapi dengan perkedel atau telur.

5. Dodol Garut: Dodol adalah camilan tradisional Indonesia yang terbuat dari santan kelapa dan gula. Dodol Garut yang berasal dari Ternate memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang lezat.

FAQ:

Q: Bagaimana cara mencapai Pantai Sulamadaha?
A: Pantai Sulamadaha dapat dicapai dengan kapal-kapal bermesin milik warga melalui perjalanan melintasi pulau. Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10-15 menit untuk mencapai pantai.

Q: Apa yang membuat Pantai Sulamadaha unik?
A: Pantai Sulamadaha memiliki bentuk yang unik seperti huruf ‘U’ dan dikelilingi oleh tebing tinggi serta pepohonan rindang. Keindahan air sebening kaca dan nuansa damai membuat pengunjung merasa terpanggil untuk bermain air dan betah berlama-lama di pantai ini.

Q: Apa saja kuliner khas yang harus dicoba saat berkunjung ke Ternate?
A: Beberapa kuliner khas Ternate yang harus dicoba antara lain Sambal Rica-Rica, Ikan Colo-colo, Bobengka, Soto Ternate, dan Dodol Garut.

Conclusion:

Pantai Sulamadaha adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Ternate, Maluku Utara. Dengan pasir hitam yang eksotis dan pemandangan pegunungan serta pulau-pulau yang indah di sekitarnya, pantai ini menawarkan pengalaman liburan yang berbeda. Meskipun aksesnya tidak terlalu mudah, tetapi keindahan pantai dan kelezatan kuliner khas Ternate membuat perjalanan ke Pantai Sulamadaha menjadi sangat berharga. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Sulamadaha saat berada di Ternate!