Di situs Istana Ratu Boko rutin digelar sendratari Sumunaring Abhyagiri yang kin...

Di situs Istana Ratu Boko rutin digelar sendratari Sumunaring Abhyagiri yang kin…

Ada sebuah tradisi yang rutin digelar di situs Istana Ratu Boko yang telah mendunia, yaitu sendratari Sumunaring Abhyagiri. Sendratari ini mengisahkan berdirinya Istana Ratu Boko dan menjadi daya tarik wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara yang semakin meningkat setiap tahunnya. Terletak di selatan Candi Prambanan, situs Istana Ratu Boko yang terletak di atas bukit ini menawarkan pesona keindahan yang tak terlupakan.

Situs Istana Ratu Boko memiliki sejarah yang kaya. Istana ini dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Sailendra yang juga membangun Candi Borobudur. Namun, situs ini kemudian ditinggalkan dan jatuh ke dalam keadaan yang terlantar selama beberapa abad. Baru pada abad ke-19, arkeolog Belanda, Van de Kamer, menemukan kembali situs ini dan melakukan pemugaran. Sejak itu, situs ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Sendratari Sumunaring Abhyagiri, atau lebih dikenal sebagai Sendratari Ratu Boko, menggambarkan legenda yang berhubungan dengan sejarah Istana Ratu Boko. Sendratari ini merupakan gabungan antara tarian, musik, dan teater yang tampil secara bersamaan. Para penari, musisi, dan aktor menghidupkan kembali kisah Legenda Ratu Boko melalui gerakan tari yang indah, musik yang memikat, dan dialog yang menarik.

Cerita yang diangkat dalam Sendratari Sumunaring Abhyagiri adalah tentang cinta yang tragis antara Ratu Boko dan Putri Lara Jonggrang. Ratu Boko adalah raja yang tampan namun sombong, sementara Putri Lara Jonggrang adalah seorang putri cantik dan baik hati. Ratu Boko jatuh cinta pada Putri Lara Jonggrang dan meminta agar putri tersebut menjadi istrinya. Akan tetapi, Putri Lara Jonggrang menolaknya karena Ratu Boko terlalu sombong dan tidak memiliki rasa kasih sayang pada rakyatnya.

BACA JUGA :  Pulau Breuh: Wisata Sejarah ke Ujung Barat Indonesia!

Karena penolakan tersebut, Ratu Boko marah dan mengancam akan menghancurkan desa Putri Lara Jonggrang. Putri tersebut akhirnya memiliki ide untuk meminta Ratu Boko membangun seribu candi dalam semalam sebagai syarat pernikahan. Ratu Boko menerima syarat tersebut dengan gembira, namun ia tidak menyadari bahwa Putri Lara Jonggrang bersama dengan rakyatnya merencanakan cara agar Ratu Boko gagal membangun seribu candi dalam semalam.

Dalam sendratari ini, penonton dapat melihat proses pembangunan candi dalam semalam yang spektakuler. Para penari menggambarkan kerja keras dan kerja sama antara manusia dan makhluk gaib untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, ketika Ratu Boko hampir menyelesaikan tugasnya, Putri Lara Jonggrang menghitung candi-candi yang sudah dibangun dengan menggunakan cermin. Ratu Boko pun gagal memenuhi syarat dan kemarahan putri tersebut semakin memuncak.

Adegan selanjutnya adalah pertarungan antara Ratu Boko dan Putri Lara Jonggrang. Ratu Boko yang marah dan kesal mencoba mengejar Putri Lara Jonggrang untuk membunuhnya. Namun, Putri Lara Jonggrang berhasil bersembunyi di antara candi-candi yang belum selesai dan berubah menjadi batu. Ratu Boko yang marah menyerah pada takdir dan meratap di atas bukit sendirian. Dialah yang kemudian menjadi Istana Ratu Boko yang kita lihat hari ini.

Tidak hanya mengisahkan legenda yang menarik, sendratari ini juga menampilkan keindahan budaya dan seni Indonesia. Tarian yang dilakukan oleh para penari menggambarkan gerakan yang elegan dan penuh makna. Musik yang mengiringi tarian tersebut terdiri dari alat musik tradisional Jawa seperti gamelan dan suling. Pakaian yang dikenakan oleh para penari juga merupakan pakaian tradisional Jawa yang indah dan mewah.

Sendratari Sumunaring Abhyagiri adalah salah satu atraksi wisata yang paling diminati di situs Istana Ratu Boko. Para wisatawan dapat menikmati pertunjukan kisah cinta tragis yang spektakuler sambil menyaksikan keindahan situs Istana Ratu Boko yang diselimuti oleh pesona pemandangan matahari terbenam. Pertunjukan ini biasanya digelar di malam hari, sehingga suasana semakin magis dan romantis.

BACA JUGA :  Taman Nasional Togean: Keindahan Alam dan Pengalaman Unik dengan Resort dan Homestay yang Nyaman

Selain sendratari, situs Istana Ratu Boko juga menawarkan berbagai kegiatan dan fasilitas wisata lainnya. Pengunjung dapat menjelajahi reruntuhan istana kuno, mengunjungi museum yang menampilkan artefak dan peninggalan sejarah, atau sekadar menikmati pemandangan indah dari atas bukit. Selain itu, terdapat juga restoran dan warung makan yang menyajikan masakan khas Jawa untuk melengkapi pengalaman wisata kuliner yang unik.

FAQ

1. Berapa harga tiket masuk ke situs Istana Ratu Boko?
Harga tiket masuk ke situs Istana Ratu Boko adalah sebesar Rp80.000 untuk warga negara Indonesia dan Rp330.000 untuk wisatawan mancanegara. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk memeriksa harga terbaru sebelum berkunjung.

2. Apakah sendratari Sumunaring Abhyagiri hanya digelar pada hari-hari tertentu?
Sendratari Sumunaring Abhyagiri biasanya digelar setiap hari, kecuali pada hari Senin. Namun, ada kalanya pertunjukan ini tidak digelar jika terdapat kondisi cuaca atau keadaan tertentu yang tidak memungkinkan.

3. Bagaimana cara menuju ke situs Istana Ratu Boko?
Situs Istana Ratu Boko terletak di Dusun Bokoharjo, Desa Prambanan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti Trans Jogja untuk mencapai situs tersebut.

4. Apakah ada fasilitas parkir di situs Istana Ratu Boko?
Ya, terdapat fasilitas parkir yang luas di situs Istana Ratu Boko. Pengunjung dapat memarkir kendaraan mereka dengan aman dan nyaman selama mengunjungi situs ini.

Conclusion

Situs Istana Ratu Boko dan sendratari Sumunaring Abhyagiri adalah dua atraksi wisata yang menarik yang dapat dinikmati di Yogyakarta. Sendratari ini mengisahkan legenda yang menarik dan menampilkan keindahan seni budaya Indonesia. Selain itu, situs Istana Ratu Boko juga menawarkan pengunjung pemandangan yang indah dan berbagai kegiatan wisata lainnya. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keajaiban dari situs Istana Ratu Boko dan sendratari Sumunaring Abhyagiri.

BACA JUGA :  Kawah Ijen Banyuwangi: Menikmati Pesona Blue Fire di Malam Hari dan Keindahan Sunrise di Pagi Hari