Ini nih kolam renang anti mainstream, berada di dalam goa dan memiliki air asin,...

Goa Rangko: Kolam Renang Anti Mainstream dengan Keunikan Air Asin dan Keindahan Stalaktit dan Stalagmit

Ini nih kolam renang anti mainstream, berada di dalam goa dan memiliki air asin, bukan main indahnya. Sambil berenang kita akan ditemani dengan jajaran stalaktit dan stalagmit yang menghiasi bagian dalam gua. Ditambah suasana gua yang hening dan sunyi bikin kita serasa berenang di kolam renang pribadi. Seru, khan! Kolam ini berada di Obyek wisata Goa Rangko di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Belum banyak wisatawan yang tahu tentang goa ini, keberadaannya pun mencuat sebagai tempat wisata alternatif.

Goa Rangko merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Nusa Tenggara Timur. Terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, goa ini menawarkan pengalaman berenang yang unik di dalam gua dengan air asin. Kolam renang alami ini dikelilingi oleh stalaktit dan stalagmit yang memberikan nuansa eksotis dan menambah keindahan tempat ini.

Dalam goa ini terdapat kolam renang alami yang terbentuk melalui celah-celah batuan, dan kolam ini tersambung langsung dengan laut. Air asin masuk ke dalam kolam melalui celah atau rongga di batuan, sehingga airnya berbeda dengan air kolam renang pada umumnya. Kolam renang ini memiliki kedalaman yang bervariasi, tergantung pada pasang surut air laut. Namun, pada umumnya kedalaman kolam ini mencapai beberapa meter.

Salah satu hal menarik dari Goa Rangko adalah keindahan stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam gua. Stalaktit adalah formasi batu yang terbentuk dari gumpalan air yang mengandung mineral. Formasi ini biasanya tergantung di atas seperti tirai batu yang indah. Sementara itu, stalagmit adalah formasi batu yang tumbuh ke atas dari dasar gua. Kedua formasi ini menciptakan pemandangan yang spektakuler dan menambah keunikan kolam renang ini.

BACA JUGA :  Desa Penglipuran: Destinasi Wisata Tersembunyi yang Memukau di Bali

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Goa Rangko, sebaiknya datang pada siang hari. Pada siang hari, sinar matahari akan masuk melalui celah-celah gua dan menyinari kolam renang, sehingga memberikan efek yang indah. Selain itu, siang hari juga merupakan waktu terbaik untuk berenang di kolam renang ini karena kebersihan dan kejernihan airnya dapat terlihat dengan lebih jelas. Pemandangan di dalam goa juga akan terlihat lebih istimewa saat sinar matahari masuk dan memancar ke dalam gua.

Selain menikmati kolam renang alami, wisatawan juga dapat menjelajahi gua ini dengan berjalan kaki atau berenang. Petualangan di dalam gua akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan mengesankan. Namun, perlu diingat bahwa keamanan tetap menjadi hal yang terpenting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan peraturan yang ada, serta membawa perlengkapan yang diperlukan seperti pakaian renang, sandal karet, dan alat penerangan tambahan.

Goa Rangko juga menawarkan pengalaman yang menyegarkan dan menenangkan. Suasana hening dan sunyi di dalam gua menciptakan suasana yang tenang dan damai. Berenang di kolam renang ini juga memberikan sensasi yang unik dan menyegarkan. Anda dapat merasakan kesegaran air asin yang berbeda dari kolam renang biasa, sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Namun, perlu diingat bahwa keberadaan gua ini masih belum begitu terkenal. Belum banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini, sehingga keasliannya masih terjaga. Jika Anda ingin menikmati pengalaman berenang yang berbeda dari biasanya, Goa Rangko merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Pertanyaan Umum (FAQ):
1. Bagaimana cara menuju ke Goa Rangko?
Untuk menuju ke Goa Rangko, Anda harus pergi ke Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Dari Labuan Bajo, Anda dapat menggunakan angkutan darat atau perahu untuk mencapai Desa Rangko.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Alami Panorama Riam Budi di Bengkayang, Kalimantan Barat

2. Berapa biaya masuk ke Goa Rangko?
Biaya masuk ke Goa Rangko sebesar Rp 5.000 per orang. Selain itu, Anda juga perlu membayar biaya sewa perahu atau angkutan darat, tergantung dari rute yang Anda pilih.

3. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Goa Rangko?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Goa Rangko adalah pada siang hari, ketika sinar matahari masuk melalui celah-celah gua, memberikan efek yang indah. Selain itu, siang hari juga merupakan waktu terbaik untuk berenang karena kejernihan dan kebersihan airnya dapat terlihat dengan lebih jelas.

4. Apakah ada fasilitas yang disediakan di Goa Rangko?
Di Goa Rangko, tidak ada fasilitas seperti toilet atau warung makan. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa semua perlengkapan yang diperlukan, seperti makanan, minuman, dan perlengkapan mandi.

Kesimpulan:
Goa Rangko merupakan destinasi wisata yang menarik di Nusa Tenggara Timur. Kolam renang alami di dalam gua dengan air asin dan keindahan stalaktit dan stalagmit menjadikan tempat ini unik dan eksotis. Mengunjungi Goa Rangko memberikan pengalaman berenang yang berbeda dan menyegarkan. Namun, perlu diingat untuk tetap memperhatikan keamanan dan melindungi keaslian tempat ini.