Museum Asi Mbojo

Sejak berdirinya Kerajaan Bima pada 1220 , sampai berakhirnya ...

Jelajah Wisata Bima – Museum Asi Mbojo Sejak berdirinya Kerajaan Bima pada 1220 , sampai berakhirnya …


Jelajah Wisata Bima Museum Asi Mbojo Sejak berdirinya Kerajaan - Jelajah Wisata Bima - Museum Asi Mbojo

Sejak berdirinya Kerajaan Bima pada 1220 , sampai berakhirnya ...

Museum Asi Mbojo

Sejak berdirinya Kerajaan Bima pada 1220 , sampai berakhirnya masa kesultanan pada tahun 1951, jumlah istana yang ada II buah. Dari II istana yang didirikan pada masa kerajaan dan kesultanan hanya dua yang bisa kita saksikan yaitu Asi Bou & Asi Permanen yang masih berdiri dengan megah dan indah.
Istana Bima yang dalam Bahasa Bima populer disebut ”Asi” mulai di kenal oleh masyarakat di sekitar abad II M, bersamaan dengan berdirinya Kerajaan Bima. Sejak itu, Indra Zambrut, Raja Bima yang pertama mendirikan ”Asi Wadu Perpati”, merupakan Asi tertua di Kabupaten Bima. Pembangunan Asi di laksanakan dengan cara ”karawi kaboro” atau disebut dengan gotong royong oleh rakyat di bawah pimpinan Bumi Jero sebagai Kepala Bagian Pembangunan dan Pertukangan.
Sejak pemerintahan Raja Bima pertama Indra Zamrud sampai dengan pemerintahan Sultan Abdul Aziz, Istana di bangun dengan bahan kayu jati alam yang berumur ratusan tahun. Pada masa pemerintahan Sultan Ibrahim istana di bangun secara semi permanen di buat dari kayu jati alam, serambi depannya dibuat permanen. Pada masa Pemerintahan Sultan Muhammad Salahuddin di bangun istana permanen yang sekarang masih berdiri dengan megahnya.
Istana Bima adalah bangunan bergaya Eropa. Mulai dibangun pada tahun 1925. Bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek putra Indonesia kelahiran Ambon, Obzichter Rehatta, dia berada di Bima karena dibuang oleh penjajah Belanda karena beliau adalah seorang tokoh pergerakan. Ia dibantu oleh Bumi Jero Istana yang kini telah beralih fungsi sebagai Museum Daerah itu adalah sebuah bangunan permanen berlantai dua yang merupakan panduan arsitektur asli Bima dan Belanda. Istana tersebut diselesaikan dalam tempo 5 tahun, dan resmi menjadi Istana Kesultanan Bima pada Tahun 1930.
Photo by @iwan_tezar
Source : imeypatimeh.blogspot.com
Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! -_culture
#exploreindonesia

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at Mayor Building#exploreindonesia...

Nikmati inspirasi Wisata Bima hari ini di Liburdulu.com! –