#explorebima Photo today by  taken at Mt Tambora

#exploreindonesia
#pesonaindon...

Jelajah Wisata Bima – Nikmati Keindahan Gunung Tambora dan Pantai-pantai Eksotis di Bima

Bima adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini memiliki potensi wisata yang menarik, baik dari segi alam maupun budaya. Jika Anda ingin menjelajahi tempat wisata di Bima, berikut adalah beberapa tempat yang patut Anda kunjungi.

1. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah tempat wisata yang paling terkenal di Bima. Gunung ini dikenal sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di Indonesia. Gunung Tambora juga memiliki sejarah yang menarik, terutama letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang menghasilkan efek global dalam beberapa tahun mendatang. Untuk mencapai puncak Gunung Tambora, Anda harus mendaki selama beberapa jam. Namun, pemandangan spektakuler dari puncak akan membuat perjalanan ini sepadan.

2. Pantai Wina
Pantai Wina terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini menawarkan pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Anda dapat bersantai di pantai, berenang, atau berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai ini juga merupakan tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbenam yang indah.

3. Danau Tambora
Danau Tambora adalah danau vulkanik yang terletak di kawah bekas letusan Gunung Tambora. Danau ini memiliki air yang hijau kebiruan yang indah dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Anda dapat menikmati pemandangan danau dari tepiannya atau menyewa perahu untuk menjelajahi danau ini.

4. Pulau Sangeang
Pulau Sangeang terletak di sebelah utara Bima dan dapat dicapai dengan perahu dari pelabuhan Bima. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya, terutama terumbu karang dan kehidupan laut yang kaya. Anda dapat melakukan penyelaman atau snorkeling di sekitar pulau ini untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia!

5. Desa Kolo Nggahi Rawe
Desa Kolo Nggahi Rawe adalah desa adat yang terletak di pedesaan Bima. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Bima dan merupakan pusat kebudayaan Suku Bima. Anda dapat menjelajahi desa ini untuk melihat rumah-rumah tradisional dan berinteraksi dengan penduduk setempat untuk belajar tentang kehidupan dan budaya mereka.

FAQ:

1. Apakah Gunung Tambora aman untuk didaki?
Gunung Tambora bisa dibilang berbahaya karena sejarah letusannya yang dahsyat pada tahun 1815. Namun, saat ini gunung ini sudah aman didaki dengan tetap mengikuti prosedur keselamatan yang ditetapkan oleh pihak berwenang.

2. Apakah di Pantai Wina ada fasilitas penginapan?
Di sekitar Pantai Wina terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda pilih untuk menginap selama Anda berwisata di Bima.

3. Bagaimana cara menuju Pulau Sangeang?
Anda dapat menuju Pulau Sangeang dengan perahu dari pelabuhan Bima. Biasanya terdapat beberapa perahu yang menawarkan jasa transportasi menuju pulau ini.

4. Apakah ada festival budaya di Desa Kolo Nggahi Rawe?
Desa Kolo Nggahi Rawe sering mengadakan festival budaya yang menampilkan tarian tradisional, musik, dan kegiatan budaya lainnya. Anda dapat memeriksa jadwal festival tersebut sebelum mengunjungi desa ini.

Conclusion:

Bima adalah kota yang menawarkan berbagai tempat wisata menarik. Dari Gunung Tambora yang indah hingga pantai-pantai yang eksotis, danau vulkanik yang menakjubkan, hingga desa adat yang kaya budaya, ada banyak hal yang dapat Anda nikmati di Bima. Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan, jangan lupa untuk menjadikan Bima sebagai salah satu tujuan Anda. Selamat menjelajah!