Pulau santen Banyuwangi adalah wisata pantai syariah pertama di Indonesia. 
#Pes...

Pulau Santen Banyuwangi: Wisata Pantai Syariah Pertama di Indonesia

Banyuwangi telah menjadi tujuan wisata populer di Indonesia. Terletak di ujung timur Jawa, kota ini menawarkan beragam atraksi alam yang menakjubkan, termasuk gunung, pantai, dan pulau-pulau cantik. Salah satu destinasi terbaru yang menarik minat para wisatawan adalah Pulau Santen, yang diklaim sebagai wisata pantai syariah pertama di Indonesia.

Pulau Santen terletak di tengah Teluk Grajagan, sekitar 60 kilometer dari Kota Banyuwangi. Pulau ini memiliki luas sekitar 3000 meter persegi dan dikelilingi oleh pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Di sisi timur pulau, terdapat karang yang mempesona yang dapat dijadikan sebagai spot snorkeling yang menarik.

Salah satu daya tarik utama Pulau Santen adalah kebijakan syariah yang diterapkan di pantai ini. Sebagai wisata pantai syariah pertama di Indonesia, Pulau Santen mengikuti prinsip-prinsip Islam dalam penyediaan fasilitas dan pelayanan. Misalnya, ada pembatasan untuk pemisahan antara pria dan wanita di area pantai, serta pengaturan dress code yang mengikuti aturan syariah.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Santen, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi sesuai prinsip syariah. Misalnya, perempuan diwajibkan memakai pakaian muslim yang sopan seperti hijab atau pakaian longgar yang menutupi aurat. Selain itu, ada juga aturan tentang perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, seperti larangan merokok dan minum minuman keras di area pantai.

Meskipun Pulau Santen diatur sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, semua wisatawan diperbolehkan untuk berkunjung tanpa memandang agama dan kepercayaan mereka. Pulau ini dirancang untuk menjadi destinasi wisata yang ramah bagi semua orang, di mana para wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil menghormati nilai-nilai syariah.

Selain kebijakan syariah yang unik, Pulau Santen juga menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas menarik bagi para pengunjung. Di pantai ini, Anda dapat menikmati berjemur di bawah sinar matahari di atas pasir putih yang lembut atau berjalan-jalan santai di pinggir pantai. Jika Anda ingin mencoba snorkeling, Anda dapat menyelam ke dalam air dan menikmati keindahan terumbu karang yang berwarna-warni.

BACA JUGA :  Mengenal Sahabat Sejati dan Bagaimana Memilihnya dengan Bijak

Selain itu, Pulau Santen juga memiliki beberapa fasilitas yang memadai seperti musholla untuk beribadah, tempat istirahat, dan warung makan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Para wisatawan juga dapat menyewa perahu untuk menjelajahi sekitar pulau atau mengikuti tur keliling pulau yang disediakan.

Untuk mencapai Pulau Santen, Anda dapat naik kapal dari Pelabuhan Bangsring di Banyuwangi. Perjalanan ke pulau ini memakan waktu sekitar 30-45 menit dan Anda akan menikmati pemandangan yang spektakuler sepanjang perjalanan. Tiket kapal biasanya dapat dibeli di pelabuhan dengan harga yang terjangkau.

Pulau Santen hadir sebagai alternatif wisata yang menarik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman berlibur yang berbeda. Dengan konsep pantai syariah pertama di Indonesia, pulau ini menawarkan suasana yang tenang dan damai yang cocok bagi mereka yang ingin melarikan diri dari keramaian kota dan merenung sejenak.

Artikel ini tidak dimaksudkan untuk mempromosikan atau mendukung agama tertentu atau memberikan pandangan favorit kepada kelompok agama apapun. Ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang wisata pantai syariah pertama di Indonesia dan bagaimana konsep tersebut diterapkan di Pulau Santen.

FAQ:

1. Apa yang dimaksud dengan wisata pantai syariah?
Wisata pantai syariah adalah konsep wisata yang mengikuti nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam. Hal ini dapat mencakup pembatasan terhadap pemisahan antara pria dan wanita, penerapan dress code yang mengikuti aturan syariah, dan larangan perilaku yang dianggap bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

2. Apa syarat untuk berkunjung ke Pulau Santen?
Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Santen harus mengikuti prinsip-prinsip syariah yang diterapkan di pantai ini. Misalnya, perempuan diwajibkan memakai pakaian muslim yang sopan seperti hijab atau pakaian longgar yang menutupi aurat. Selain itu, ada juga aturan tentang perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, seperti larangan merokok dan minum minuman keras di area pantai.

BACA JUGA :  Pantai yang paling berkesan buat Sobat Pesona, ada di mana? Di Pantai Nongsa, ad...

3. Apa yang dapat dilakukan di Pulau Santen?
Di Pulau Santen, Anda dapat menikmati berjemur di pasir putih yang lembut, berjalan-jalan santai di pinggir pantai, atau menyelam untuk snorkeling dan menikmati keindahan terumbu karang yang berwarna-warni. Pulau ini juga memiliki fasilitas seperti musholla, tempat istirahat, dan warung makan.

Conclusion:
Pulau Santen di Banyuwangi adalah destinasi wisata pantai syariah pertama di Indonesia. Dengan mengikuti prinsip-prinsip syariah dalam penyediaan fasilitas dan pelayanan, pulau ini menawarkan suasana yang tenang dan damai bagi para wisatawan. Dengan keindahan pantainya yang menakjubkan dan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan, Pulau Santen menjadi alternatif wisata yang menarik bagi mereka yang ingin mencari pengalaman berlibur yang berbeda.