Tempat Wisata Taman Berlabuh Tarakan

By | February 11, 2020

Ruang terbuka hijau selalu jadi destinasi pilihan untuk menghabiskan libur akhir pekan yang singkat. Tak hanya kota besar, fasilitas ini pun bisa kamu temukan di Tarakan, Kalimantan Utara. Sarana publik ini dinamakan Taman Berlabuh.

Taman Berlabuh berada di Jalan Yos Sudarso, tepatnya di samping Dermaga Pertamina Jembatan Besi, Kelurahan Lingkas Ujung, Tarakan.

Awalnya, tempat ini merupakan lokasi bersandarnya kapal-kapal besar. Kesadaran akan pentingnya ruang terbuka hijau pun membuat Pemkot membangun taman di sana.

Tempat Wisata Taman Berlabuh Tarakan

Tempat Wisata Taman Berlabuh Tarakan

Walaupun terhitung anyar karena baru diresmikan Desember 2016, taman tersebut terlihat sangat ramai dikunjungi para wisatawan lho. Terutama saat weekend tiba.

Hal ini membuktikan kalau taman terbuka ini disambut baik keberadaannya oleh masyarakat Tarakan. Karena di sana memang masih minim sekali sarana hiburan dan objek wisata untuk warga.

Fasilitas Taman Berlabuh

Tempat Wisata Taman Berlabuh Tarakan

Selain anak muda, banyak juga lho keluarga yang datang ke taman ini. Pasalnya, di sana mereka bisa melepas penat dari segala padatnya aktivitas di hari kerja. Warga pun tak perlu membayar tiket masuk untuk bisa berlibur di sana.

Agar warga semakin nyaman, Pemkot Tarakan pun melengkapi berbagai fasilitas di taman ini. Mulai dari wahana bermain anak, kursi kayu untuk bersantai, kolam air mancur, taman hijau, hingga spot bermain sepatu roda atau skateboard.

Pemandangan laut dan sunset jadi daya tarik utama yang dimiliki Taman Berlabuh. Tak heran jika taman ini akan dipadati oleh wisatawan saat sore hari tiba.

Selain menikmati pemandangan senja, destinasi wisata tersebut juga jadi spot selfie hits para warga Tarakan yang kekinian.

Sempat Ditutup

Tempat Wisata Taman Berlabuh Tarakan

Baru beberapa minggu diresmikan, tempat ini sempat ditutup oleh Pemkot Tarakan lho. Alasannya adalah untuk perbaikan fasilitas di Taman Berlabuh.

Kerusakan beberapa fasilitas tersebut tak lain karena ulah para alay yang melakukan aksi vandalisme. Mulai dari anak remaja yang menaiki wahana anak kecil hingga rusak, wisatawan yang berenang seenaknya di kolam air mancur, hingga kebiasaan membuang sampah sembarangan.

Sebagai traveler bijak, perbuatan tak terpuji dari orang tak bertanggung jawab ini tak boleh kamu tiru.

Pemkot Tarakan kini membuat larangan yang lebih ketat untuk wisatawan yang datang ke sana. Hal ini dilakukan agar siapa pun yang berkunjung ke Taman Berlabuh akan merasa senang dan nyaman menghabiskan waktu libur mereka.