Daftar Tempat Wisata Di Kediri Jawa Timur Lengkap

Kediri adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Dari gunung, taman, air terjun, hingga tempat bersejarah, Kediri menawarkan berbagai destinasi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Kediri yang lengkap.

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Kediri. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, gunung ini menawarkan pemandangan yang indah dan trek pendakian yang menantang. Wisatawan juga dapat mengunjungi kawah Gunung Kelud yang menawarkan pemandangan yang spektakuler.

2. Gunung Klotok

Gunung Klotok merupakan destinasi wisata alam lainnya di Kediri. Terletak di Setono Gedong, Kecamatan Kota Kediri, Gunung Klotok menawarkan panorama alam yang memukau. Dengan trek pendakian yang cukup menantang, Gunung Klotok menjadi pilihan yang tepat bagi para pecinta alam dan pendaki gunung.

3. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Kediri. Terletak di Jalan Raya Dadapan, Tugurejo, Ngasem, Kediri, monumen ini merupakan titik pertemuan lima jalan utama di Kediri. Monumen ini memiliki taman yang indah, air mancur, dan patung-patung yang memperlihatkan budaya dan sejarah Kediri.

4. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island adalah sebuah kompleks wisata yang terletak di Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Kediri. Tempat ini menawarkan berbagai wahana permainan air, seperti kolam renang, water slide, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga taman bermain, restoran, dan tempat penginapan untuk para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

5. Kediri Waterpark

Kediri Waterpark adalah salah satu tempat wisata air yang terkenal di Kediri. Terletak di Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Semen, Kediri, tempat ini menawarkan berbagai wahana air yang seru dan menyenangkan. Wisatawan dapat menikmati kolam renang, water slide, dan berbagai permainan air lainnya.

6. Alun-alun Kota Kediri

Alun-alun Kota Kediri adalah tempat wisata yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kediri. Terletak di Jalan Panglima Besar Sudirman, Kp. Dalem, Kecamatan Kota Kediri, alun-alun ini merupakan pusat kegiatan sosial dan budaya di Kota Kediri. Di sini, wisatawan dapat menikmati suasana kota yang ramai, berjalan-jalan di sekitar alun-alun, atau mencicipi kuliner khas Kediri di sekitar area ini.

7. Kampung Inggris Pare Kediri

Kampung Inggris Pare Kediri adalah tempat wisata yang unik dan menarik di Kediri. Terletak di Desa Tulungrejo, Kediri, tempat ini merupakan pusat pendidikan bahasa Inggris dengan metode yang terkenal di Kediri. Wisatawan dapat mengikuti kursus bahasa Inggris atau bahkan mengambil program homestay untuk belajar bahasa Inggris langsung dengan penduduk setempat.

BACA JUGA :  Alasan Wisata Pulau Pahawang Lampung Wajib Kunjung!

8. Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari adalah tempat wisata yang indah di Kediri. Terletak di Jalan Selomangleng No.143, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri, kebun ini memiliki ribuan bunga matahari yang berjejer rapi. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang spektakuler dan mengambil foto-foto cantik di tengah kebun bunga matahari yang indah ini.

9. Kebun Binatang Gudang Garam Kota Kediri

Kebun Binatang Gudang Garam Kota Kediri adalah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Terletak di Dandangan, Kecamatan Kota Kediri, tempat ini menawarkan berbagai hewan dan satwa yang menarik untuk dilihat. Wisatawan dapat menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati berbagai atraksi dan pertunjukan binatang.

10. Taman Hijau SLG

Taman Hijau SLG adalah salah satu taman yang cantik dan nyaman di Kediri. Terletak di Jalan Raya Kediri – Plosoklaten No.163, Sukorejo, Ngasem, Kediri, taman ini menawarkan area hijau yang luas, taman bermain untuk anak-anak, dan tempat duduk yang nyaman untuk bersantai. Wisatawan dapat menikmati suasana alam yang segar dan rindang di Taman Hijau SLG.

11. Bundaran Taman Sekartaji

Bundaran Taman Sekartaji adalah tempat wisata yang indah dan menarik di Kediri. Terletak di Mojoroto, Kediri, bundaran ini memiliki taman yang indah dan patung-patung yang menggambarkan budaya dan sejarah setempat. Wisatawan dapat berfoto di sekitar area ini atau hanya sekadar duduk-duduk sambil menikmati keindahan taman yang ada.

12. Bukit Gandrung

Bukit Gandrung adalah tempat wisata alam yang terletak di Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Terkenal dengan pemandangan sunset yang indah, bukit ini menjadi tempat yang populer dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Kediri. Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas trekking dan camping di sekitar bukit ini.

13. Bukit Ongakan

Bukit Ongakan adalah tempat wisata alam yang terletak di Besowo, Kepung, Kediri. Dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, bukit ini menjadi tempat favorit untuk piknik dan kegiatan outdoor. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dan berjalan-jalan di sekitar area bukit ini.

14. Sumber Ngadiloyo

Sumber Ngadiloyo adalah tempat wisata air yang terletak di Jalan H. Abd. Rochim No.68, Ngadiluwih, Kediri. Tempat ini menawarkan kolam renang alami dengan air yang jernih dan segar. Wisatawan dapat berenang atau hanya sekadar bersantai di tepi kolam sambil menikmati suasana alam yang tenang.

15. Sumber Sugih Waras

Sumber Sugih Waras adalah tempat wisata air yang terletak di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Merupakan sumber air yang alami, tempat ini menawarkan suasana yang sejuk dan segar. Wisatawan dapat berendam atau mandi di sumber air ini untuk merasakan manfaat kesehatan yang diklaim ada dalam air tersebut.

BACA JUGA :  Wisata Air Terjun Curug Kembar Baturraden

16. Monumen Syu

Monumen Syu adalah tempat wisata sejarah yang terletak di Jalan KH Wakhid Hasyim, Mojoroto, Kota Kediri. Monumen ini didedikasikan untuk mengenang tokoh sejarah Islam, Syaikh Maulana Malik Ibrahim. Di sekitar monumen ini, juga terdapat masjid dan kompleks makam yang menjadi tempat ziarah para pengunjung.

17. Masjid Agung Kota Kediri

Masjid Agung Kota Kediri adalah tempat wisata religi yang terletak di Jalan Panglima Besar Sudirman No.160, Kp. Dalem, Kecamatan Kota Kediri. Merupakan salah satu masjid termegah di Kediri, masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi tempat ibadah utama bagi umat Islam di daerah ini.

18. Pura Penataran Agung Kilisuci

Pura Penataran Agung Kilisuci adalah tempat wisata religi yang terletak di Jalan Goa Selomangleng No.52, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri. Pura ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi tempat ibadah dan ziarah bagi umat Hindu di Kediri. Di sekitar pura ini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan pepohonan yang hijau.

19. Kelenteng Tjoe Hwie Kiong

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong adalah tempat wisata religi yang terletak di Pakelan, Kecamatan Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur. Kelenteng ini merupakan salah satu tempat ibadah bagi umat Konghucu di Kediri, yang memiliki arsitektur yang indah dan kaya akan sejarah. Di sekitar kelenteng ini, wisatawan juga dapat menikmati suasana kota yang ramai dan berbelanja di sekitar pasar tradisional.

20. Gereja Puhsarang

Gereja Puhsarang adalah tempat ziarah umat Katolik yang terletak di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Gereja ini didirikan pada tahun 1936 dan memiliki arsitektur yang khas. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, gereja ini juga menjadi tempat favorit semua kalangan untuk berekreasi dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

21. Kediri’s Photograph Museum

Kediri’s Photograph Museum adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Kapten Piere Tendean No.60/160, Ngronggo, Kota Kediri. Museum ini menampilkan koleksi foto-foto bersejarah tentang Kediri dan sekitarnya. Wisatawan dapat melihat dan belajar tentang sejarah dan budaya Kediri melalui foto-foto yang dipamerkan di museum ini.

22. Museum Airlangga

Museum Airlangga adalah sebuah museum sejarah dan arkeologi yang terletak di Jalan Lingkar Maskumambang, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri. Museum ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah dan arkeologi yang berasal dari Kediri dan sekitarnya. Wisatawan dapat melihat berbagai artefak bersejarah dan mempelajari tentang sejarah dan budaya Kediri melalui pameran yang ada di museum ini.

23. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo adalah tempat wisata alam yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Blimbing, Kediri. Terkenal dengan keindahan air terjunnya, tempat ini menjadi destinasi favorit untuk berwisata alam. Wisatawan dapat menikmati suasana alam yang segar dan indah di sekitar air terjun ini.

BACA JUGA :  Kereta Api Presiden RI Mewahnya Seperti Apa Ya? Temukan Disini!

24. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo adalah tempat wisata alam lainnya yang dapat dikunjungi di Kediri. Terletak di Jugo, Mojo, Kediri, tempat ini menawarkan pemandangan air terjun yang indah. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan bersantai di sekitar air terjun ini.

25. Gua Selomangleng

Gua Selomangleng adalah tempat wisata alam yang terletak di Jalan Mastrip, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri. Tempat ini menawarkan gua dan stalaktit yang indah. Wisatawan dapat menjelajahi gua ini dan menikmati keindahan alam yang ada di dalamnya.

26. Gua Maria Pohsarang

Gua Maria Pohsarang adalah tempat wisata religi yang terletak di Puhsarang, Semen, Kediri. Gua ini terkenal dengan patung Bunda Maria yang besar dan menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik di Kediri. Di sekitar gua ini, wisatawan dapat menikmati suasana alam yang teduh dan tenang.

27. Candi Surawana

Candi Surawana adalah salah satu candi penting yang terletak di Canggu, Badas, Kediri. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari zaman Majapahit dan menjadi tempat ziarah para pengunjung. Wisatawan dapat melihat arsitektur candi yang indah dan mendalami sejarah Jawa Timur di tempat ini.

28. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi adalah candi Hindu yang terletak di Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Tegowangi, Plemahan, Kediri. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari zaman Singhasari dan menjadi tempat ziarah para pengunjung. Wisatawan dapat melihat keindahan arsitektur candi dan mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur di tempat ini.

29. Petilasan Sri Aji Jayabaya

Petilasan Sri Aji Jayabaya adalah tempat ziarah yang terletak di Menang, Pagu, Kediri. Merupakan petilasan dari tokoh legendaris Jayabaya, tempat ini menjadi tempat yang sakral bagi masyarakat Jawa Timur. Wisatawan dapat mengunjungi petilasan ini dan merasakan keberadaan sejarah dan budaya yang kuat di kawasan ini.

30. Sumber Ubalan

Sumber Ubalan adalah tempat wisata alam yang terletak di Jarak, Plosoklaten, Kediri. Tempat ini menawarkan pemandangan danau yang indah serta keindahan alam yang segar. Wisatawan dapat bersantai di sekitar danau atau mengelilingi area sekitar untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Sumber Ubalan.

Itulah daftar tempat wisata di Kediri, Jawa Timur yang lengkap. Setiap tempat wisata menawarkan keunikan dan keindahan tersendiri. Dengan berkunjung ke berbagai tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam, sejarah, budaya, dan kesenangan di Kota Kediri.