Daftar Tempat Wisata Di Banjarbaru Kalimantan Selatan Lengkap

1. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Museum ini terletak di Loktabat Utara, Banjar Baru Utara, Kota Banjar Baru. Museum ini memiliki koleksi yang kaya akan artefak budaya dan sejarah daerah Kalimantan Selatan. Pengunjung dapat melihat berbagai macam barang antik, senjata tradisional, serta gambar dan lukisan yang menceritakan tentang sejarah dan kebudayaan masyarakat Kalimantan Selatan.

2. Monumen ALRI Divisi IV

Monumen ALRI Divisi IV adalah monumen yang didedikasikan untuk memperingati perjuangan Divisi IV Angkatan Laut Republik Indonesia dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Monumen ini terletak di Jalan A. Yani KM. 20 Liang Anggang, Banjarbaru. Monumen ini menjadi salah satu tempat yang bersejarah dan menarik untuk dikunjungi oleh pengunjung.

3. Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang

Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang adalah tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik dalam menikmati alam Kalimantan Selatan. Terletak di Jalan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, tempat wisata ini menawarkan pemandangan indah, trekking, dan aktivitas lainnya di area perkebunan. Pengunjung juga dapat melihat dan belajar tentang budidaya tanaman lokal di area ini.

4. Bekantan Park

Bekantan Park adalah salah satu tempat wisata alam di Banjarbaru yang memiliki keunikan tersendiri. Terletak di Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Bekantan Park menjadi tempat perlindungan dan habitat primata endemik Kalimantan, bekantan. Pengunjung dapat melihat dan belajar tentang ekologi dan kehidupan bekantan, serta menikmati keindahan alam sekitar.

5. Agrowisata Kebun Durian (Meek Farm)

Agrowisata Kebun Durian, juga dikenal sebagai Meek Farm, adalah tempat wisata yang cocok bagi pecinta durian dan pertanian. Terletak di Jalan Guntung Manggis, Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, agrowisata ini menawarkan pengalaman berkeliling kebun durian, memetik buah sendiri, dan mencicipi berbagai jenis durian yang lezat. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang teknik bercocok tanam yang baik dan berkelanjutan.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Telaga Nila Majalengka

6. Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua adalah tempat wisata yang menyajikan keindahan alam dan keanekaragaman flora Kalimantan Selatan. Terletak di Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru, kebun raya ini menawarkan berbagai macam taman tematik, taman binatang mini, serta berbagai jenis tanaman yang ditanam dengan rapi.

7. Hutan Kota Mentaos

Hutan Kota Mentaos adalah salah satu tempat wisata alam di Banjarbaru yang cocok bagi pecinta alam dan penggemar olahraga luar ruangan. Terletak di Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara, Banjarbaru, tempat ini menawarkan jalur hiking, jogging, dan bersepeda di tengah hutan yang hijau dan segar. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang indah saat berada di sini.

8. Mustika Dunia Fantasy

Mustika Dunia Fantasy adalah taman bermain dan hiburan yang terletak di Jalan Gubernur Subardjo, Desa Landasan Ulin Barat, Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru. Tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh keluarga, karena menawarkan berbagai macam wahana permainan yang menyenangkan. Pengunjung dapat menikmati wahana permainan, pertunjukan, dan kegiatan lainnya di taman ini.

9. Taman Van Der Pijl

Taman Van Der Pijl adalah taman yang indah dan nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Terletak di Jalan Ahmad Yani Km 34,5, Kota Banjarbaru, taman ini memiliki taman bermain dengan permainan yang aman dan menyenangkan untuk anak-anak. Selain itu, taman ini juga memiliki area hijau yang luas dan pemandangan yang indah.

10. Masjid Agung Al- Munawwarah

Masjid Agung Al-Munawwarah adalah salah satu masjid terbesar dan terindah di Banjarbaru. Terletak di Jalan Trikora, Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, masjid ini memiliki arsitektur yang megah dan elegan. Pengunjung dapat mengunjungi masjid ini untuk beribadah, mengagumi arsitektur, serta menikmati keindahan masjid yang indah.

BACA JUGA :  Ini Kuliner Sumedang Wajib Kamu Coba

11. Embung Sidodadi 2

Embung Sidodadi 2 adalah tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan air dan alam yang menakjubkan. Terletak di Jalan Sidodadi 2 yang tertera plang LDII, Banjarbaru, embung ini menjadi tempat yang populer untuk berbagai kegiatan seperti piknik, memancing, dan bersantai di tepi embung.

12. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh Cempaka adalah danau buatan yang menawarkan keindahan alam dan kegiatan rekreasi air. Terletak di Purnawirawan Kelurahan, Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru, danau ini menjadi tempat yang populer untuk bersepeda air, berperahu, atau sekadar menikmati pemandangan danau yang indah.

13. Wisata Danau Seran

Wisata Danau Seran adalah tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan danau yang indah dan segar. Terletak di Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, tempat ini menjadi tempat yang bagus untuk bersantai, berperahu, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar.

Itulah daftar lengkap tempat wisata di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Setiap tempat wisata memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Dengan berbagai pilihan yang ada, pastikan Anda mengunjungi tempat-tempat ini untuk merasakan keindahan alam dan budaya Kalimantan Selatan. Selamat berlibur!